Rabu, 21 Maret 2018

Aplikasi Praktek Dokter



2.1              Pengertian Aplikasi Praktek Dokter
Menurut Whitten Aplikasi adalah proses dimana keperluan pengguna dirubah  dari bahasa yang di mengerti oleh mesin komputer kedalam bentuk paket perangkat lunak dan atau kedalam spesifikasi pada komputer yang berdasarkan pada sistem informasi.
Sumber lain mengatakan bahwa program aplikasi merupakan program yang hanya dapat berjalan di atas sistem operasi. Artinya program tersebut baru bisa di jalankan kalau sistem operasi sudah ada di komputer.
Komputerisasi adalah sebuah kebutuhan, selain dapat memudahkan kita dalam menjalankan proses bisnis, juga dapat meningkatkan pelayanan dan kepercayaan pelanggan. Bidang medis adalah salah satu yang sangat membutuhkan peran sistem yang dapat menangani pengelolaan data pasien, data dokter, input hasil pemeriksaan medis dan mencetak laporan , sehingga akan terlihat jelas manfaatnya seperti dokumen medis pasien akan tercetak terstruktur, proses transaksi lebih cepat dan sistematis, dapat mencetak dokumen medis pasien beserta laporan dalam waktu sekejap dan sejumlah manfaat lainnya.
Aplikasi Praktek Doker adalah proses pencatatan data dari hasil pemeriksaan diri pasien secara komputerisasi pada sebuah program atau perangkat lunak yang menyediakan proses pencatatan data pasien pada praktek dokter.

2.2       Diagram Flowchart
Simbol-simbol atau alat yang digunakan untuk menggambarkan urutan proses yang terjadi di dalam suatu program komputer secara sistematis dan logis.
1.   Jenis-jenis Flowchart
a.   Program Flowchart
Simbol-simbol yang menggambarkan proses secara rinci data detail antara instruksi yang satu dengan yang lainnya di dalam suatu program komputer yang bersifat logic.seperti hal nya program flowcart dengan menggunakan switch case.

b.   Sistem Flowchart
Simbol-simbol yang menggambarkan urutan proses secara detail di dalam suatu sistem komputerisasi, dan bersifat fisik.
2.   Teknik pembuatan Flowchart
Sebelum membuat program komputer, terlebih dahulu yang harus kita lakukan adalah membuat flowchart.
Ada dua cara dalam teknik pembuatan flowchart, yaitu :
a.   General Way
Teknik ini lazim digunakan di dalam menyusun logika suatu program, dan menggunakan pengulangan proses secara tidak langsung (non direct loop).
b.   Iteration Way
Teknik ini biasanya di pakai untuk logika program yang cepat serta bentuk permasalahan yang komplek (direct loop).

Tabel 2.1 Simbol-simbol Flowchart
1.  Flow Direction Symbols


Symboll Off-Line Connector
Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang lain.



Symboll Connector
Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama.
II.  Processing Symbols



Symbol Process
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer.



Manual Operation
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh komputer.




Decision Symbol
Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi.



Symbol Predefined Process
Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan didalam storage.




 



Symbol Terminal
Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program.


Symbol Off-Line Storage
Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol ini akan disimpan.


Symbol Keying Operation
Simbol operasi dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard.

III.  Input-Output Symbols


Symbol Input-Output
Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya.


Symbol Magnetic Tape
Simbol yang menyatakan input berasal dari pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic.



Symbol Punched Card
Simbol yang menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu.


Symbol Disk and Online Storage
Simbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk.




Symbol Display
Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan, yaitu : layer, plotter, printer dan sebagainya.


Symbol Transmittal
Tape
Simbol untuk menyatakan input berasal dari mesin jumlah/hitung.



Symbol Document
Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output di cetak ke kertas.


Magnetic Disk
(DataBase)
Simbol yang menyatakan lokasi penyimpanan data.





2.3       Unified Modelling Language (UML)
Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. Dengan menggunakan UML kita dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa–bahasa berorientasi objek seperti C++, Java, C# atau VB.NET. Walaupun demikian, UML tetap dapat digunakan untuk modeling aplikasi prosedural dalam VB atau C. Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax/semantik.
Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak. Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan UML syntax mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat dikombinasikan. Notasi UML terutama diturunkan dari tiga notasi yang telah ada sebelumnya: Grady Booch OOD (Object-Oriented Design), Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Technique), dan Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering).
Abstraksi konsep dasar UML yang terdiri dari structural classification, dynamic behavior, dan model management, bisa kita pahami dengan mudah apabila kita melihat gambar dibawah dari Diagrams. Main concepts bisa kita pandang sebagai term yang akan muncul pada saat kita membuat diagram dan view adalah kategori dari diagaram tersebut. Berikut jenis – jenis dari diagram :

2.3.1    Use Case Diagram
            Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya login ke sistem, meng-create sebuah daftar belanja, dan sebagainya. Seorang/sebuah aktor adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan sistem untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

2.3.2    Class Diagram
Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain. Class memiliki tiga area pokok :
1.  Nama (dan stereotype)
2.  Atribut
3.  Metoda
Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut :
1.      Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan.
2.      Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya.
3.      Public, dapat dipanggil oleh siapa saja.
Class dapat merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yang hanya memiliki metoda. Interface tidak dapat langsung diinstansiasikan, tetapi harus diimplementasikan dahulu menjadi sebuah class.

2.3.3    Activity Diagram
Activity diagrams menggambarkan berbagai alur aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram merupakan state diagram khusus, dimana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum. Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas.

2.3.4    Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem  (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal.
Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class. Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message. Untuk objek-objek yang memiliki sifat khusus, standar UML mendefinisikan icon khusus untuk objek boundary, controller dan persistent entity.

2.4       Mengenal Visual Basic 2008
Visual basic atau sering disebut sebagai VB 9.0 merupakan rilis ke-9 dari produk visual basic Microsoft yang sudah cukup lama ada dan legendaris. Visual basic sudah ada di dunia semenjak awal tahun 1990-an dan kini di usianya yang hampir 20 tahun, Visual Basic .net 2008 telah dirilis ke publik semenjak tanggal 19 November 2007.
Visual Basic NET 2008 merupakan versi ketiga dari generasi VB.NET setelah berevolusi dari versi VB biasa. Versi pertama adalah VB.net 2004, kemudian disusul dengan VB.net 2005 hingga sekarang Visual Basic net 2008.
Untuk versi vb.net 2008 ini yang dikemas dalam paket visual studio 2008, Microsoft telah menambahkan beberapa fitur seperti dikutip dari Wikipedia berikut :
  • Ada operator if tingkat ketiga yang menggantikan fungsi IF Bisa mendukung tipe anonim, fitur ini merupakan fitur untuk Visual Basic.Net 9.0 yang memungkinkan tipe date yang memiliki nama field dibuat secara implisit dari kode yang memerlukannya. Karena tipe anonim tidak perlu diketikkan, tipe ini akan disimpan di variabel yang dideklarasikan menggunakan keyword VAR.
  • Dukungan untuk LINQ : Language Integrted Query (LINQ) adalah komponen NET framework yang berfungsi menambahkan fasilitas query data secara native menggunakan sintaks yang mirip dengan SQL.
  • Mendukung ekspresi Lambda untuk matematika.
  • Adanya literal XML.
  • Adanya tipe interface.
Sama seperti versi VB.NET sebelumnya, sintaks yang dipakai di VB.NET 2008 tidak jauh berbeda dengan teman-temannya sesama net.

Kelebihan dari Visual Basic .NET adalah :
1.    Visual basic .NET mengatasi semua masalah yang sulit disekitar pengembangan aplikasi berbasis Windows dan menghilangkan penggunaan file library serta versi komponen.
2.    Mempunyai fasilitas penanganan bug yang hebat dan real time background compiler, membuat developer Visual Basic .NET dapat mengetahui kesalahan secara up-to -date.
3.    Visual Basic .NET menyediakan bagi developer model pemrograman data akses ActiveX Data Object ( ADO ) yang sudah dikenal dan diminati.
4.    Visual Basic .NET menghasilkan “Visual Basic untuk web” dengan menggunakan form web yang baru.
Terdapat beberapa alasan tentang mengapa menggunakan Microsoft Visual Basic .Net 2008 sebagai bahasa pemrograman dalam penulisan ini dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain, antara lain :
1.      Capability. Microsoft Visual Basic .Net 2008 dapat digunakan untuk memproduksi atau membuat sebuah perangkat lunak yang cukup rumit dengan menggunakan teknik pengkasesan data yang ada.
2.      Flexibility. Microsoft Visual Basic .Net 2008 dapat digunakan hampir dalam semua pembuatan aplikasi yang diinginkan, tidak hanya untuk pengaksesan suatu basis data.
3.      Familiarity. Dengan menggunakan bahasa pemrograman yang telah dikenal hampir di seluruh dunia, maka terdapat jaminan tersedianya banyak tenaga ahli yang dapat mengembangkan aplikasi yang ada atau yang sedang dibangun.
4.      Popularity. Kepopuleran Microsoft Visual Basic .Net 2008 sebagai bahasa pemrograman telah memudahkan pembuat program untuk mencari referensi artikel maupun kode program di majalah-majalah maupun situs-situs web yang ada. Berikut adalah tampilan lingkungan dari Visual Basic.Net 2008.

2.5       Mengenal Environment (IDE) VB.NET 2008
Environment standar (atau biasa diingkat IDE / Integrated Development Environment) VS.NET 2008 terlihat seperti berikut:
Ada beberapa bagian yang akan dijelaskan.
Gambar 2.1 Lingkungan standar VS.NET

Bagian pertama adalah main menu atau dalam bahas Indonesia dinamakan Menu utama. Jika menu-menu utama tersebut diklik, muncul drop-down menu atau dalam bahasa Indonesia lazim dikatakan sebagai menu julur.
Di menu utama terdapat beberapa menu, yaitu :
  • File : berkaitan dengan tentang manipulasi file, seperti project, file dan komponen lain.
  • Edit : berkaitan dengan melakukan tindakan-tindakan untuk melakukan perubahan terhadap sebuah objek.
  • View : berkaitan dengan fungsi-fungsi untuk melihat kondisi dan properties objek-objek.
  • Tools : berkaitan dengan penyediaan alat-alat untuk melakukan pemrograman atau yang berhubungan dengan pemrograman.
  • Windows : untuk mencantumkan dan memilih window-window yang ditampilkan.
  • Help : untuk membuka fasilitas bantuan / help.
Di bawah menu terdapat toolbar yang memiliki ikon-ikon penting yang dapat digunakan untuk mengakses fungsi dengan cepat tanpa perlu membuka menu utama.
Dibagian kiri terdapat panel-panel akan ditampilkan jika diklik. Ada 2 panel, yaitu:
  • Toolbox : Menampilkan toolbox (objek-objek yang digunakan untuk pemrograman)
  • Database Explorer : Digunakan untuk mengakses ke sebuah database yang digunakan.
Gambar 2.3 Panel Toolbox sedang terbuka
Disebelah kanan terdapat 2 komponen yang penting, yaitu Solution Explorer dan Properties. Solution explorer akan menampilkan objek-objek yang ada disebuah project yang hendak dibuka kemudian diolah. Sementara, properties akan menampilkan berbagai property dari sebuah objek, properties merupakan tempat untuk mengedit property sebuah objek.
                                   
Gambar 2.4 Kotak Solution Explorer   Gambar 2.5 Kotak Properties

2.6       Net Framework
Net Framework merupakan komponen yang membedakan seri pemrograman Visual Basic NET dengan visual basic COM sebelumnya. Versi terakhir visual basic menggunakan teknologi COM adalah versi VB6. Setelah itu, Microsoft tidak mendukung teknologi COM dan mulai mengenalkan istilah baru bernama .NET Framework.Salah satu kemajuan generasi pemrograman baru vb yang dibungkus dengan net framework memiliki beberapa kemajuan, antara lain paradigma pemrograman berorientasi objek yang merupakan platform pemrograman yang sedang tren akhir-akhir ini.
Di .Net framework ada beberapa hal yang penting :
  • Produk .Net framework merupakan “bungkus baru” yang menampilkan vb dalam bentuk versi baru.
  • Pemrograman berorientasi objek merupakan tren terbaru di programming yang sedang moncer namanya. Dan VB.NET merupakan generasi terbaru vb yang mendukung oop secara penuh.

Microsoft .NET framework merupakan komponen software yang merupakan bagian dari sistem operasi Microsoft Windows. Di dalamnya terdapat banyak library program dan solusi yang sudah jadi yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal.Net Framework adalah tempat yang disediakan oleh Microsoft untuk membuat aplikasi-aplikasi di platform Windows. Net Framework dimasukkan versi 3 telah ada secara default di versi Windows Server 2008 dan Windows Vista.

2.7       Lingkungan Kerja VB.Net 2008
Lingkungan kerja pada Microsoft Visual Basic.Net 2008 umumnya memiliki lingkungan sebagai berikut :
  1. Title Bar, berfungsi untuk menampilkan nama project yang aktif atau sedang dikembangkan.
  2. Menu Bar, berfungsi untuk  pengelolaan fasilitas yang dimiliki oleh Visual Basic.Net, sedangkan Tool Bar berfungsi untuk melakukan perintah khusus secara tepat.
  3. Form, adalah objek utama berfungsi untuk meletakkan objek-objek yang terdapat pada toolbox yang digunakan dalam melakukan perancangan sebuah tampilan program aplikasi.
  4. Toolbox, berfungsi untuk menyediakan objek-objek atau komponen yang digunakan dalam merancang sebuah form pada program aplikasi
  5. Solution Explorer, berfungsi untuk menampilkan projek beserta file-file pendukung yang terdapat pada sebuah program aplikasi.
  6. Properties Windows, berfungsi untuk mengatur properties-properties pada objek (setting objek) yang diletakkan pada sebuah form.

2.8       Mengatur Properti pada Form
Untuk mengatur properti pada sebuah form, dapat dilakukan melalui properti-properti form control , atau melalui kode program. Berikut adalah beberapa property form yang paling sering digunakan :
  • AcceptButton dan CancelButton
Property AcceptButton berfungsi agar dapat menggunakan tombol Enter dan Escape melalui keyboard. Sedangkan untuk property Escape akan aktif secara otomatis ketika menekan tombol escape.
  • AutoScale
Properti ini berfungsi untuk mengatur ukuran secara otomatis. AutoScale memiliki nilai True dan False.
  • AutoScroll
Properti ini memiliki nilai True/False. Digunakan property ini, pada saat apakah kita akan menampilkan scrollbar secara otomatis pada form ketika sebagian dari control pada form tidak terlihat.
  • AutoScrollMargin
Untuk mengatur batas margin. Scrollbar akan secara otomatis ditampilkan ketika form lebih kecil dari margin yang mencakup semua control.
  • AutoScrollMinsize
Properti ini berfungsi untuk mengatur batas ukuran minimum from untuk menampilkan scroll bar.
  • BorderStyle
Properti ini berfungsi untuk mengatur stley border from untuk tampilan from.
  • ControlBox
Properti ini berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan menu control pada windows. Property ini default-nya bernilai true. Jika kita ingin menonaktifkan menu control  dengan mengubahnya  menjadi false.
  • Width dan Heigth
Properti ini juga digunakan untuk mengatur ukuran form.
  • BackColor
Properti ini digunakan untuk memberikan warna latar belakang pada form.
  • BackgroundImage
Properti ini digunakan untuk mendefinisikan latarbelakang pada form. Gambar yang dapat digunakan adalah gambar dengan format Bitmap (BMP atau JPG), icon (ICO), dan Metalife (WMF).
  • Font
Properti ini digunakan untuk mengatur jenis huruf dan warna huruf pada form.

2.9       Penanganan Pada Beberapa Objek Kontrol
Objek control standar pada toolbox pada umumnya digunakan untuk merancang sebuah program aplikasi, melalui model rancangan pada form tersebut. toolbox pada Visual Basic.Net 2008 terdiri dari beberapa tab objek dan untuk melihat isi dari setiap tab objek tersebut dapat meng-ekspand symbol + di depan tab objek tersebut.
                                               
                                              
Gambar 2.6 Objek Kontrol pada Toolbox VB.Net 2008

Berikut penjelasan singkat dan penggunaan objek standar yang paling sering digunakan dalam merancang sebuah program aplikasi pada Visual Basic.Net 2008 antara lain:
2.9.1    TAB COMMON CONTROL,  terdiri dari :
  • Objek Label
Berfungsi untuk menampilkan sebuah tulisan.
  • Objek TextBox
Berfungsi untuk menampilkan sebuah nilai dari inputan dan dapat menerima input dari keyboard.
  • Objek Button
Berfungsi untuk menjalankan sebuah tindakan seperti metode klik.
  • CheckBox
Berfungsi untuk mengambil nilai melalui pemilihan lebih dari satu pilihan pada waktu yang sama.
  • ComboBox
Berfungsi untuk melakukan pemilihan pada daftar DropDown.
  • DateTimePicker
Berfungsi untuk melakukan pengambilan (picking) nilai tanggal.
  • ListBox
Berfungsi untuk melakukan pemilihan pada daftar kotak, hampir sama dengan objek ComboBox.
  • ListView
Berfungsi untuk menampilkan data (daftar item) melalui ADO.NET
  • MonthCalender
Berfungsi untuk menampilkan calender dari sistem komputer.
  • PictureBox
Berfungsi untuk meletakkan gambar (image) dengan tipe file bitmap, metafile, icon, JPEG, GIF, dan PNG.
  • ProgressBar
Berfungsi untuk manampilkan sebuah proses nilai melalui interval contohnya  seperti form splash.

2.9.2    TAB CONTAINERS, terdiri dari :
  • GroupBox
Berfungsi untuk mengorganisasikan melalui jendela entri data dan dapat diberi judul, sehingga diatur antara group satu dengan group lainnya.
  • Panel
Berfungsi untuk mengorganisasikan melalui jendela entri data, hampir sama dengan groupbox tetapi tidak dapat diberi judul.
  • TabControl
Berfungsi untuk meletakkan halaman lebih dari satu jendela entri data (TabPages).

2.9.3    TAB MENU DAN TOOLBARS, terdiri dari:
  • MenuStrip
Berfungsi untuk membuat menu.
  • ToolStrip
Berfungsi untuk membuat tombol-tombol di bawah menu bar sebagai jalan pintas (ShortCutKey) menjalankan sebuah form dan dapat diisi dengan image/icon.
  • StatusTrip
Berfungsi untuk meletakkan beberapa keterangan, biasanya diletakkan dilokasi paling bawah pada window.

2.9.4    TAB DATA, terdiri dari :
  • DataSet
Berfungsi sebagai penyaji data actual.
  • DataGridView
Berfungsi untuk menampilkan data melalui ADO.NET dan dapat di-update.
  • BindingSource
Berfungsi untuk mengkaitkan dengan dimana sumber data diperoleh.

2.9.5    TAB COMPONENT,  terdiri dari :
  • ImageList
Berfungsi untuk meletakkan daftar gambar (image). ImageList tidak memiliki tampilan visual saat dijalankan.
  • Timers
Berfungsi untuk meningkatkan event pada interval tertentu. Timer tidak memiliki tampilan visual saat dijalankan.

2.9.6    TAB DIALOGS, terdiri dari:
  • OpenFileDialog
Berfungsi untuk membuka kotak dialog (open), layaknya seperti kita membuka sebuah file seperti Microsoft Word.
  • SaveFileDialog
Berfungsi untuk menyimpan melalui kotak dialog (save).

2.10     Pengantar MYSQL
MySQL  adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau RDBMS), seperti halnya ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya. MySQL adalah database yang paling banyak dipakai. Merupakan softwere gratis serta open source. Yang pada mulanya hanya berjalan pada platform Unix atau Linux dan saat ini dapat dipakai juga di sistem operasi lainnya.
Sebagai program penghasil database, MySQL tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya sebuah aplikasi lain, baik yang open source maupun tidak seperti PHP, VB, Delphi, dan lainnya. Untuk mengaktifkan MySQL di lingkungan Windows maka harus dijalankan server MySQL. Bahasa yang digunakan pada database seperti DDL (Data Definition Language) yaitu : create table, alter table, dan drop table. DML (Data Manipulation Language) yaitu : select, insert, update dan delete.
Kekuatan MySQL adalah terletak pada kecepatannya, terutama untuk kecepatan koneksi dan kecepatan untuk query-query yang sederhana. Selain itu MySQL berkemampuan untuk Multi User, Multi Threaded dan Multi Platform. Namun selain kelebihan pasti juga ada beberapa kelemahan, seperti belum lengkapnya fitur yang tersedia, sistem validasi yang kurang bagus dalam menerima masukan data, sehingga jika database lain menolak data masukan dengan pesan error, maka MySQL akan tetap menerima saja. Sebagai database server yang memiliki konsep modern, MySQL memiliki banyak keistimewaan, seperti :
1. Portability
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi di antaranya adalah seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Solaris, Amiga, HP-UX dan masih banyak lagi.
2. Open Source
MySQL didistribusikan secara open source (gratis), dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.
3. Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini memungkinkan sebuah database server MySQL dapat di akses client secara bersamaan.
4. Performance Tuning
MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
5. Column Types
MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed atau unsigned integer, float, double, char, varchar, text, date, timestamp dan lain-lain.

6. Command and Function
MySQL memliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.
7. Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi.
8. Scalability dan Limits
MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu, batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
9. Connectivity
MySQL dapat melakukan koneksi dengan client menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (Unix) atau Named Pipes (NT).
10. Localisation
MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan (error code) pada client dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski demikian, bahasa indonesia belum termasuk didalamnya.
11. Interface
MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
12. Clients and Tools
MySQL dilengkapi dengan berbagai tool yang dapat digunakan untuk administrasi database dan pada setiap tool yang ada disediakan petunjuk online.
13. Structure Table
MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan database lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.


2.11       XAMPP
XAMPP merupakan pengembangan dari LAMP ( Linux Apache,MySQL, PHP dan PERL ) XAMPP ini merupakan project non-profit yang dikembangkan oleh Apache Friends yang didirikan oleh Kai ‘Oswalad’ Seidler dan Kay Vogelgesang pada tahun 2002, project mereka ini bertujuan mempromosikan penggunaan Apache web server.
XAMPP merupakan sebuah paket instalasi untuk PHP, Apache dan MySQL. XAMPP sama dengan PHP yang sudah sering digunakan oleh programmer web dalam membuat aplikasi web.

2.12     Pembuatan Database di Mysql
 Database dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai basis data. Merupakan sebuah tempat yang berfungsi menyimpan dan mengatur data. Vb.Net dapat mengambil data dan menyimpan data dibanyak jenis database, baik yang bertipe server (oracle, SQL Server, atau MySql) maupun yang bertipe file (Access) bahkan yang bertipe teks saja.Salah satu cara mengakses database mysql adalah menggunakan phpmyadmin.Aplikasi web ini bisa dijalankan melalui web browser apa saja ( Microsoft Internet Explorer,Mozilla Firefox,dll).Langkah – langkah dalam menjalankan MYSQL untuk membuat suatu database serta tabel adalah :
1.      Jalankan web browser,ketik pada URL :http://localhost//phpmyadmin dan tekan tombol enter maka akan muncul tampilan berikut :
Gambar 2.7 Pembuatan nama database
2.      Ketikan medical pada kotak dibawah judul Create New Database kemudian klik tombol create.
Gambar 2.8 Nama database terbuat
3.  Klik kanan pada create new table database lalu isikan jumlah field atau jumlah kolom yang akan digunakan setelah itu klik “Go “.
Gambar 2.9 Pembuatan Tabel Baru
2.13     Crystal Report
Crystal Report atau Laporan merupakan komponen tak terpisahkan oleh dunia database. Laporan adalah sebuah format yang bertujuan menampilkan informasi yang diekstrak dari database. Laporan ini nantinya akan dicetak untuk menyampaikan informasi kepada pembacanya.
Dalam Vb 2008 atau Vb.Net, terdapat 2 software report yaitu crystal report dan yang asli bawaan MicrosoftReportViewer. Crystal Report adalah software report yang paling canggih dan memiliki banyak fitur. Berikut ini tutorial untuk membuat laporan di VB.Net 2008 menggunakan crystal report :
1.   klik start / crystal report lalu akan masuk ke tampilan welcome to crystal report. Pilih option as a blank report.
Gambar 2.10 Crystal Report

2.   Muncul Data Explorer, double klik pada OLEDB lalu pilih make new connection.
Gambar 2.11 Data Explorer

3.   Double klik pada make a new connection lalu pada data link properties pilih Microsoft OLE DB Provider for Sql Server.
Gambar 2.12 Data Link Properties

4. Masukkan Server name, username dan password dijendela connection   information.kemudian klik Test Connection
Gambar 2.13 Tes Koneksi Berhasil
5.   Akan muncul tampilan data explorer lalu double klik pada tabel yang akan digunakan kemudian klik tombol close.
6.  Akan muncul tampilan design, atur sesuai keinginan.
Gambar 2.14 Design Crystal Report

Dalam crystal report ini terdiri dari 5 bagian yang telah dikelompokan :
·         Report Header
Digunakan untuk membuat judul dari laporan dan informasi lain yang akan ditampilkan pada awal sebuah laporan. Contohnya : Logo perusahaan.
·         Page Header
Digunakan untuk informasi yang akan ditampilkan pada bagian atas misalnya : nama judul,nama dokumen,dll
·         Details
Digunakan sebagi tempat untuk menampilkan record-record dari database.
·         Report Footer
Digunakan untuk menampilkan informasi yang hanya tampil sekali saja pada setiap akhir dari sebuah laporan yaitu misalnya : jumlah keseluruhan dari data.

      Dalam Crystal Report nama field yang akan dimasukan ke dalam report desaigner tidak perlu diketik melainkan cukup di drag serta diamsukan ke dalam report desaigner sehingga laporan akan secara otomatis muncul tanpa perlu membuatnya kembali



Tidak ada komentar:

Posting Komentar